Bahasa Sebagai Suatu Metamorfosis Karakter

Manfaat Bahasa

dan

Kemahiran Bahasa

Dalam kehidupan bermasyarakat, seseorang tidak mungkin sendirian tanpa kehadiran orang lain. Hal ini membuktikan bahwa pada hakikatnya manusia memang merupakan makhluk sosial. Secara naluriah manusia terdorong untuk bergaul dengan manusia lain, baik untuk menyatakan keberadaan dirinya, mengekspresikan kepentingannya, menyatakan pikiran dan pendapatnya, maupun untuk mempengaruhi orang lain demi kepentingan sendiri, kepentingan kelompok, atau kepentingan bersama. Berkenaan dengan itu, bahasa memegan peranan penting.

Kepentingan bahasa ituhampir mencakup segala bidang kehidupan, karena segala sesuatu yang dihayati, dialami, dirasakan, dan dipikirkan oleh manusia hanya dapat diketahui orang lain jika telah diungkapkan dengan bahasa, baik yang lisan maupun berupa tulisan. Dapat kita bayangkan apa yang akan terjadi apabila manusia tidak memiliki bahasa? Tidak akan ada peradaban tentunya. Dunia “Lumpuh” dan “Gelap”.

Ilustrasi tersebut menunjukkan bahwa bahasa merupakan sarana yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Untuk itu, penutur dituntut untuk memiliki kemahiran bahasa. Kemahiran bahasa akan mendatangkan keuntungan bagi masyarakat bila dipergunakan sebagai alat komunikasi yang baik terhadap sesama, bila ia memungkinkan kesanggupan penutur untuk mempengaruhi orang lain dalam mengembangkan control sosial yang dikehendaki. Dengan bahasa, manusia dapat mengembangkan kepribadian dan nilai-nilai sosial ke tingkat yang lebih tinggi daripada apa yang biasa dipakai masyarakat umum.

Keraf (1989:8-9) menyatakan bahwa kemahiran bahasa akan membuat masyarakat mengenal diri sendiri, lebih dalam memahami orang lain, belajar mengamati dunia sekitar dengan lebih cermat, dan mengembangkan suatu proses berpikir. Dengan mahirnya berbahasa, kita pun dapat lebih siap melanjutkan ke jenjang pendidikan perguruan yang lebih tinggi lagi.

2 pemikiran pada “Bahasa Sebagai Suatu Metamorfosis Karakter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s